Fakta kecil tentang Macau

12-fakta-macau

Sebelumnya hanya sebuah pulau

Catatan pra colonial menunjukkan bahwa Macau dulunya pernah memiliki luas hanya sebesar 2,78 km persegi, sehingga jelas menunjukkan bahwa sisa dari 29,9 km persegi dari semenanjung yang ada saat ini merupakan hasil dari sebuah reklamasi atau pulau buatan manusia – itu artinya 170 persen tambahan tanah. Pulau tersebut dulunya terhubung dengan Cina. Reklamasi tanah di abad ke 17 mengubah Macau menjadi semenanjung dan sebuah gerbang dibangun untuk menandai batas pemisah yang jelas dari Cina.

Batas Parish

Distrik-distrik di Macau dulunya adalah parishes yang didirikan di era Diocesioan di bawah penguasaan pemerintahan Portugis. Kawasan tersebut kemudian menjadi kawaksan administratif Macau – dan masih memiliki nama yang sama ketika mereka beroperasi sebagai parish. Setelah serah terima, kawaskan tersebut melebur tetapi pemerintahan Cina masih mengakui wilayah tersebut secara simbolis saja.

Meriam aktif

Di Mount Fortress, sejumlah meriam mengarah ke pusat kota (dan, sesungguhnya, beberapa meriam bahkan mengarah satu sama lain). Tapi jangan kuatir – meriam itu bukan untuk memeriksa para penduduk. Meriam itu sesungguhnya diarahkan untuk mengarah ke perairan, tetapi karena reklamasi tanah dan juga perkembangan pembangunan, benteng pertahanan itu pelan=pelan semakin menjauh dari laut. Juga tidak ada senjata yang mengarah ke daratan Cina untuk melambangkan persahabatan erat, menunjukkan bahwa benteng ini memang hanya dibangun untuk pertahanan menghadapi serangan dari laut.

Rink Hockey

Ya, benar sekali – rink hockey, salah satu olah raga paling terkenal di Macau. Malahan, tim Macau National Rink Hockey merupakan yang terbaik di Asia dan ada di peringkat ke 20 dunia, menggenggam Sembilan gelar Roller Hockey Asia Cup.

Mata uang yang berlaku

Tidak pernah ada satu mata uang tunggal yang digunakan di Macau – bahkan sampai sekarang. Pataca pertama kali dikeluarkan tahun 1906 setelah mata uang yang meliputi dolar Meksiko, dolar Sepakbola Virtual Inggris dan dollar dari Kanton – akan tetapi, sejumlah mata uang itu masih digunakan. Saat ini, hampir setiap tempat belanja di Macau menerima HK Dollars.